Depan / Artikel / Latih Kreativitas dengan Rasa Ingin Tahu

Latih Kreativitas dengan Rasa Ingin Tahu

Kreativitas sudah menjadi kemampuan yang mutlak dibutuhkan manusia pada zaman digital dan zaman kompetisi tingkat tinggi saat ini dan masa akan datang. Tanpa bekal kreativitas seseorang akan dilibas oleh kemajuan ilmu dan teknologi yang tak kenal berhenti. Kreativitas saat ini sudah menjadi ukuran kualitas manusia.

Dalam sejarah, semua genius kreatif mempunyai satu hal yang sama, mereka memiliki rasa ingin tahu yang amat besar. Rasa ingin tahu mereka yang sangat besar membuat mereka mampu menemukan hal luar biasa dibalik hal-hal yang biasa.

Rasa ingin tahu berbanding lurus dengan kreativitas. Itulah Hukum Rasa Ingin Tahu yang berkaitan dengan kreativitas. Semakin besar rasa ingin tahu seseorang, semakin besar pula potensi kreativitasnya. Semua genius kreatif mempunyai satu hal yang pasti sama, yakni memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.

Rasa ingin tahu membuat seseorang mengajukan berbagai pertanyaan dan berusaha untuk mendapatkan jawabannya. Cara paling mudah untuk mengajukan pertanyaan adalah dengan menggunakan kata tanya, yakni: “mengapa”“apa”“bagaimana”“kapan“, “siapa”, dan “di mana”.

Masing-masing kata tanya itu bisa digunakan dalam konteks positif dan negatif. Rasa ingin tahu juga membuat seseorang melakukan eksplorasi untuk mencarijawaban-jawaban yang mendalam atas suatu hal. Orang yang memiliki rasa ingin yang besar biasanya tidak puas hanya sekadar mendapatkan jawaban standar atas berbagai pertanyaan yang mereka ajukan. Mereka akan berusaha menguji jawaban tersebut untuk mengetahui sejauh mana kebenarannya.

Dalam upaya mencari jawaban, seseorang akan menemukan salah satu dari dua macam jawaban, yakni jawaban dan salah. Akan tetapi, dalam kehidupan sehari-hari, jawaban atas satu hal biasanya tidaklah jelas batasannya antara benar dan salah. Setidaknya terdapat lima macam gradasi jawaban, yakni prasangka, mitos, hipotesis, jawaban yang benar, dan jawaban yang lebih benar.

Sepanjang sejarah manusia, rasa ingin tahu telah memberikan manfaat yang amat besar kepada umat manusia. Berikut ini sekadar contoh keajaiban dari Hukum Rasa Ingin Tahu.

Mengubah Ketakutan Menjadi Keberanian, Mengubah Kesalahan Menjadi Pelajaran Berharga, dan Mengubah Ketertinggalan Menjadi Kemajuan. []

Sumber : The Magic of Creativity

Tentang admin-wahdahislamiyah

Check Also

Melahirkan Generasi Gemilang

Dalam sejarah peradaban Islam, pernah lahir setidaknya tiga generasi gemilang: Generasi sahabat Nabi Muhammad ﷺ, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by Naurah Computer