Depan / Artikel / Rumus Mendidik Datangkan Keajaiban

Rumus Mendidik Datangkan Keajaiban

“Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria …” (QS. Ali ‘Imran: 37).

Jika Allah ridha, proses pendidikan jadi lebih mudah kita jalankan. Allah Azza wa Jalla yang akan menumbuhkan, memudahkan membentuk manusia yang baik.

Sebab kemampuan kita terbatas, punya kekurangan dalam mendidik. Kita butuh pertolongan dan melibatkan Allah.

Jika kita sudah berusaha menjadikan Islam sebagai pandangan hidup dalam pendidikan, Allah yang akan menutupi kekurangan kita dalam mendidik.

Kalau kita sudah berupaya mendidik sesuai yang Allah inginkan, hasilnya keajaiban pada anak dan juga pendidiknya.

“…Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.” (QS. Ali ‘Imran: 37).

Zakaria yang mendidik Maryam menyaksikan keajaiban. Maryam menjadi orang yang mulia dan mendapatkan rezki yang tidak disangka-sangka.

Lalu Zakaria juga meminta keturunan yang shalih pun dikabulkan.

{ هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُۥۖ قَالَ رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ }

Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.”
(Surat Ali ‘Imran: 38)

Istri Zakaria yang sudah tua melahirkan anak yang kelak menjadi Nabi, Yahya.

Jika kita mendidik sesuai konsep Islam dan Allah meridhainya, hasilnya keajaiban. Kebaikan pada anak didik juga pendidiknya.

Mendidik ladang amal kebaikan yang berkah.

Wallahu ‘Alam.

✍🏻 Muhammad Scilta Riska
(Pengajar Sekolah Alam Bangka Belitung)

Tentang SD Wahdah Islamiyah Berau

Check Also

Keutamaan Guru

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam dalam hadits-haditsnya, banyak menyebut keutamaan guru, diantara : Sesungguhnya Allah dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by Naurah Computer